Tata Cara Penghitungan, Penyetoran dan Pelaporan PPh atas Usaha Kecil

Thursday, August 22nd 2013. | Pajak Penghasilan

Sebagaimana telah diketahui bahwa mulai 1 Juli 2013 berlaku tarif PPh khusus bagi Wajib Pajak yang memiliki usaha dengan penghasilan tidak lebih dari Rp 4,8 milyar setahun yaitu 1% dari omzet dan berlalu final. Ketentuan baru tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013. Hal yang banyak menjadi pertanyaan adalah bagaimana penghitungan dan pelaporan PPh atas periode sebelum berlakunya ketentuan baru tersebut.

Menteri Keuangan telah menerbitkan peraturan baru yang mengatur tata cara penghitungan, penyetoran dan pelaporan pph atas usaha dengan omzet tertentu tersebut dengan PMK Nomor 107/PMK.011/2013.

Berikut disampaikan pokok-pokok yang diatur dalam peraturan tersebut:

 

Objek PPh

  1. Penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak dengan peredaran bruto (omzet) yang tidak melebihi Rp4,8 miliar dalam 1 tahun pajak.
  2. peredaran bruto (omzet) merupakan jumlah peredaran bruto (omzet) semua gerai/counter/outlet atau sejenisnya baik pusat maupun cabangnya.

 

Besar PPh Yang Dibayar

Pajak yang harus dibayar adalah 1% dari jumlah peredaran bruto (omzet)

 

Subjek Pajak

Yang menjadi subjek pajak dari ketentuan terbaru ini adalah Orang Pribadi dan Badanyang menerima penghasilan dari usaha dengan peredaran bruto tidak melebihi Rp4.800.000.00 setahun.

 

Angsuran PPh Bulanan

  1. Setoran bulanan merupakan PPh Pasal 4 ayat (2), bukan PPh Pasal 25.
  2. Jika penghasilan semata-mata dikenai PPh final, tidak wajib PPh Pasal 25.

 

Penyetoran dan Pelaporan PPh

  1. Penyetoran paling lama tanggal 15 bulan berikutnya
  2. SSP berfungsi sekaligus sebagai SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2). Jika SSP sudah validasi NTPN tidak perlu lapor SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2).
  3. Penghasilan yang dibayar berdasarkan PP No. 46 Tahun 2013 dilaporkan dalam SPT Tahunan PPh pada kelompok penghasilan yang dikenai pajak final dan/atau bersifat final
tags: , ,

Related For Tata Cara Penghitungan, Penyetoran dan Pelaporan PPh atas Usaha Kecil